rekam medis elektronik
rekam medis elektronik

Tips Menghindari Penyalahgunaan Data Rekam Medis Elektronik

Awal tahun 2016 lebih dari 91.000 data klien Medicaid di Amerika Serikat telah disusupi. Menurut laporan, dua orang bertukar email yang berisi data kesehatan pribadi dari klien yang berbentuk spreadsheet. HCA (Health Care Authority) Risk Manager mengatakan bahwa spreadsheet yang berisi informasi pasien belum diteruskan ke pihak yang tidak sah atau pihak ketiga, namun telah terjadi pelanggaran besar dan sebagai sangsinya dua karyawan telah dipecat.

Menurut Ponemon Institute, dalam Fifth Annual Benchmark Study on Privacy & Security of Healthcare Data disebutkan bahwa sektor kesehatan menyumbang sekitar 44% dari seluruh kasus pelanggaran data selama tahun 2013. Sekitar 65% dari seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang ada melaporkan kasus cyber security pada tahun yang sama.

Kasus penyalahgunaan data rekam medis di Indonesia memang masih jarang. Namun dengan semakin berkembangnya bidang rekam medis dan informasi kesehatan seiring dengan semakin berkembangnya teknologi informasi maka penyalahgunaan data rekam medis (terutama data elektronik) menjadi sangat mungkin. Berikut adalah beberapa tips untuk melindungi data rekam medis elektronik:

  1. Membuat SOP yang tepat untuk pelepasan informasi kesehatan pasien dan memberikan pemahaman kepada seluruh petugas medis bahwa rekam medis pasien bersifat rahasia.
  2. Melakukan pembatasan hak akses terhadap informasi pasien sesuai dengan hak dan wewenangnya.
  3. Membuat fire wall untuk melindungi data dari luar.
  4. Merekrut SDM yang memiliki kompetensi di bidang cyber security untuk mengetahui dengan cepat apabila terjadi penyalahgunaan informasi dan meminimalisir informasi yang telah disalahgunakan tersebar luas.

 

Abdillah Azis

Sumber: misgl

Check Also

electronic health record

Inilah Tahapan Ideal Implementasi Rekam Medis Elektronik di Rumah Sakit

Berikut adalah tahapan ideal dalam implementasi rekam medis elektronik, khususnya di rumah sakit.

Show Buttons
Hide Buttons