rudiantara

Rudiantara dalam Seminar Digitalisasi Industri UGM

Menteri Komunikasi dan Informatika, Drs. Rudiantara, MBA, menyempatkan diri menyampaikan keynote speech dalam acara seminar digitalisasi industri di fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Rudiantara berada di Yogyakarta dalam rangkaian kegiatan sosialisasi gerakan nasional 1000 startup digital di Indonesia.

Rudiantara menyampaikan bahwa untuk memajukan dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia dibutuhkan 3 pilar utama yaitu network (jaringan), device (perangkat), serta aplikasi atau konten. Saat ini pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang membangun infrastruktur jaringan di seluruh wilayah Indonesia sehingga ditargetkan di tahun 2019 seluruh warga Indonesia bisa menikmati akses internet yang lebih cepat dan stabil.

Terkait dengan device, Indonesia tidak bisa bersaing dengan negara-negara lain yang telah lebih dulu menjadi produsen hardaware, karena itu Rudiantara menyarankan agar para innovator muda Indonesia untuk fokus pada penyediaan konten atau aplikasi berbasis mobile. Banyak start up Indonesia yang telah sukses seperti Go-Jek yang menjadi start up dengan predikat unicorn pertama di Indonesia. Valuasinya telah lebih dari 1 Milyar USD.

Dalam acara ini Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D juga menyampaikan bahwa UGM siap menjadi inkubator bagi calon-calon technopreneur masa depan. Bulaksumur (lokasi UGM :red) siap bertranformasi menjadi Bulaksumur Valley mengikuti jejak Silicone Valley.

Check Also

3m_littman_stethoscope

3M Littmann: Stetoskop Digital dengan Teknologi si Gigi Biru

Penggunaan teknologi Bluetooth sering berhubungan dengan audio atau suara tetapi tidak menyangka juga kalau penggunaan Bluetooth sampai untuk stetoskop (stethoscope).

Show Buttons
Hide Buttons