pokemon-go

Dampak Positif Pokemon GO Bagi Kesehatan

Pokemon GO adalah revolusi dalam dunia mobile game dengan menggunakan teknologi berbasis GPS dan augmented reality. Sampai dengan artikel ini diterbitkan, Pokemon Go telah didownload oleh lebih dari 100 juta pengguna ponsel pintar berbasis android di seluruh dunia. Demam Pokemon melanda seluruh dunia. Game ini mengharuskan pemainnya untuk berjalan, berpetualang dan menemukan berbagai karakter pokemon di alam liar. Semakin banyak pokemon yang ditangkap akan semakin cepat pemain tersebut mencapai level yang lebih tinggi dalam game ini.

Pokemon GO mengharuskan pemainnya untuk berjalan, atau menaiki sepeda dengan kecepatan tidak lebih dari 30 km/jam. Jika pemain menggunakan kendaraan bermotor dengan kecepatan yang melampaui batas tersebut maka sulit bagi pemain untuk menangkap pokemon dan mengambil bonus item yang tersedia di beberapa pokestop yang dilewati sepanjang perjalanan.

Lalu apa hubungannya dengan dunia kesehatan?

Jika seorang pemain pokemon Go bermain jujur dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan dalam game ini maka jika dia ingin cepat naik level dia harus berjalan kaki atau menaiki sepeda dengan jangkauan sejauh mungkin. Misalnya untuk menetaskan 1 telur pokemon, seorang pemain harus berjalan sejauh 2-10 km, tergantung dengan tingkat kelangkaan dari telur pokemon yang akan ditetaskan. Jika pemain diam ditempat, dia juga tidak bisa menangkap banyak pokemon atau mengambil bonus di tiap pokestop yang harus didatangi oleh pemain. Otomatis game ini akan memotivasi pemainnya untuk terus melakukan aktifitas fisik. Ada badge yang diterima pemain setiap ia telah melampaui jarak tertentu.

Pokemon-Go-How-to-Hatch-Eggs-Fast

Pokemon GO 100km Badge

Semakin sering bermain game, tanpa disadari semakin banyak kalori yang dibakar. Bisa dibayangkan bagaimana impact game ini terhadap kebiasaan aktifitas fisik seseorang dan tentu saja tingkat kesehatannya. Itulah sisi positif game Pokemon Go yang menjadi tren di seluruh dunia akhir-akhir ini.

Check Also

AR VR dalam kesehatan

Peran AR, VR dan Gawai dalam Pelayanan Kesehatan

Augmented reality (AR), virtual reality (VR) dan gawai atau gadget memegang peranan penting dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

Show Buttons
Hide Buttons