Ear O Smart

GIWANG CERDAS, GEGARES TELEHEALTH

Satu lagi perangkat teknologi diperkenalkan kepada dunia, kali ini hasil gabungan antar teknologi dengan dunia mode, khususnya perhiasan. Seperti apa bentuk dan rupa perangkat ini?

GABUNGNYA TEKNOLOGI DAN FASHION

Sebuah perusahaan startup Kanada, BioSensive Technologies, awal 2014 telah merilis perangkat praktis yang dapat membantu memantau detak jantung pengguna, infonya lagi juga bisa mengontrol jumlah kalori dan tingkat aktivitas si pemakai. Si pencipta, Ravinder Saini, menginginkan pemakai tidak perlu repot serta merasa kurang modis di  saat yang sama mereka tetap bisa memantau kondisi kesehatannya.

ear3

TETAP GAYA DAN MODIS

Produk dengan fungsi serupa sebenarnya telah hadir sebelumnya berupa perangkat yang melingkar di pergelangan tangan, gelang monitor kondisi kesehatan saat berolah raga. Namun, gelang tersebut masih dianggap kurang fashionable, khususnya bagi pengguna wanita yang ingin tetap modis sekaligus bisa memantau kondisi kebugarannya di saat menghadiri acara resmi sekalipun. Lalu bagaimana perangkat ini bisa bermanfaat bagi pemakainnya?

GIWANG CERDAS, BUKAN GIWANG BIASA

Bentuk perangkat ini benar-benar berupa giwang, perhiasan telinga untuk wanita. Mengapa giwang? Alat sensor ditambahkan pada sisi belakang giwang agar menempel pada kulit telinga pengguna, sehingga sensor bekerja mendeteksi aliran darah dengan tepat. Saini menganggap bahwa telinga adalah tempat yang lebih baik melacak denyut jantung daripada pergelangan tangan. Selain itu, jika diletakkan di telinga, posisi tersebut meminimalisir pengaruh gerakan pengguna terhadap cara kerja alat sensor, seperti hal nya jika diletakkan di pergelangan tangan. Jadi akurasinya lebih valid. Pemakaipun lebih nyaman dan tetap gaya.

PELENGKAP

Produk giwang cerdas berjudul Ear-O-Smart ini terhubung melalui mediasi Bluetooth 4.0 langsung ke smarthphone pengguna untuk menampilkan informasi pembakaran jumlah kalori, data detak jantung serta tingkat aktivitas yang dilakukan. Pelengkap lain adalah baterai isi ulang melalui konektor micro USB, produk ini sangat wearable dimanapun dan kapanpun ingin digunakan selama lebih dari 8 jam. Selain itu para wanita bisa mendisain sendiri hiasan giwang agar sesuai dengan pakaian, sepatu, tas dan produk fashion lainnya.

TEKNOLOGI

Giwang cerdas ini dilengkapi dengan teknologi photoplethysmogram (PPG) dan oksimetri nadi. Dilengkapi LED, sinar yang mampu mendeteksi aliran darah dari pembuluh dan diserap oleh fotodioda untuk melihat ada-tidaknya gangguan jantung atau kondisi pembuluh darah pengguna secara real time.

ear2

PEMANTAU KONDISI JANTUNG

Mekanisme sensor ini kemudian bisa dikembangkan untuk pemantauan dengan pemancar nirkabel yang ditransmisikan ke komputer. Guna memantau kondisi pengguna sebagai pasien, data yang ditangkap oleh giwang ini terhubung dengan komputer rumah melalui kabel serial. Komputer rumah akan menganalisis data yang dirimkan giwang cerdas dan kemudian akan mengirimkan sinyal peringatan ke rumahsakit melalui saluran telekomunikasi seperti internet jika terdeteksi adanya gangguan jantung.

TELEHEALTH

Telehealth merupakan layanan pemeliharaan kesehatan oleh dokter atau rumahsakit melalui penggunaan alat-alat sensor kesehatan yang terhubung secara online dan real time sehingga mereka dapat berinteraksi dengan pasiennya secara cepat dan setiap saat. Alat sensor giwang cerdas ini lah salah satu alternatifnya.

INFO LEBIH LANJUT

Ear-O-Smart, giwang dengan tiga model yang berbeda sudah tersedia di pasaran mulai bulan Juni 2015. Harga yang dipatok untuk sepasang giwang fitnes tracker dengan desain stylish ini adalah $125 atau sekitar Rp 1,5 juta. Info lebih lanjut hubungi http://earosmart.com.

 

(rawi miharti)

sumber & ilustrasi: earosmart.com

Check Also

nano retina 2

Nano Retina: Chip untuk Mengatasi Kebutaan

Nano Retina, sebuah perusahaan di Israel, mengembangkan teknologi berupa implant untuk menggantikan fungsi fotoreseptor yang rusak.

Show Buttons
Hide Buttons